NEWS UPDATE :  

Berita

Peringatan Hari Pendidikan

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, tanggal tersebut diambil dari hari lahir Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Soewardi adalah salah satu tokoh perjuangan pendidikan di Indonesia, beliau mendedikasikan dirinya untuk pendidikan, di kalaitutahun 1922 Ki Hajar Dewantara mendirikan institusi pendidikan yang bernama Sekolah Kerakyatan di Yogyakarta.


            Setiap tahunnya, di sekolah-sekolah memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan melaksanakan upacara, salahsatu sekolah yang memperingati Hari Pendidikan Nasional adalah SMAN 1 Daha Utara.Petugas upacara Hardiknas di SMAN 1 Daha Utara biasanya dilaksanakan oleh para pendidik dan tenaga kependidikan.Tanggal 2 Mei tahun ini yang menjadi petugas upacara antara lain Nurel Amelya,M.Pd, sebagai Pembina Upacara, dengan pasukan pengibar bendera Andi Rijaya, S.Pd. (kanan),Misbahul Munir, S.Pd. (kiri) dan Zainal Yazidi (tengah) serta petugas upacara lainnya,yakni pemimpin upacara H. Ariyadi, S.Pd. MM, pembawa acara Risa Anisa, S.Pd, Pembaca UUD1945 Hayatul Mu’awanah, S.Pd, pembacado’a Drs. H. Mawardi, dan sebagai pengatur Muhammad Faisal, S.Pd, dengan Paduan suara dari siswa-siswi SMAN 1 Daha Utara serta diiringi oleh marching band sebagai penambah semangat upacara tersebut.

            Dalam pelaksanaan upacara Nurel Amelya, M.Pd selaku Pembina upacara menyampaikan pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan tema “Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan” tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudaya andalan menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya-sumber daya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan. Tumbuhnya semangat dijiwa generasi bangsa khususnya generasi muda semoga menjadi semangat untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Untuk menumbuhkan sikap patriotisme peran guru, orang tua dan lingkungan sangatlah diperlukan untuk dunia pendidikan. Dari sana mereka akan belajar dan membuka wawasan akan pentingnya pendidikan yang ditanamkan sejak dini.

            Dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei semoga dapat memotivasi dan membangkitkan semangat generasi muda untuk lebih giat belajar dan lebih mengenal pentingnya pendidikan.